Ujian TAKTIS Madrasah Darus-Sunnah

Ciputat, 29 November 2023

TAKTIS atau Tugas Akhir karya Tulis Santri adalah salah satu syarat kelulusan santri Madrasah Darus-Sunnah. Tugas Akhir Karya Tulis Santri ditekuni oleh santri Madrasah Darus-Sunnah kelas 3 ‘Aliah, yang dikerjakan dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan.

Para santri banyak memanfaatkan waktu yang diberikan kepada mereka. Dalam waktu tiga bulan para santri menentukan topik bahasan dalam karya mereka. Kemudian para santri mengumpulkan berbagai informasi yang bisa diperoleh melalui kajian pustaka, wawancara, membuat kuesioner, dan masih ada berbagai cara lainnya. Dari informasi tersebut, para santri menuangkan infromasi dan data yang mereka peroleh ke dalam karya tulis mereka menggunakan kekreatifitasan dan bahasa mereka masing-masing. Ketika usai menuangkan tulisan mereka, para santri mengumpulkan karya tulis mereka sebelum pada akhirnya nanti diujikan.

Seusai mengerjakan dan mengumpulkan, karya tulis mereka akan diujikan Tahun ini angkatan ke 4 Madrasah Darus-Sunnah yakni ‘Intelligent’ yang  melaksanakan ujian ini. Lokasi ujian TAKTIS juga beragam, mulai dari aula, ruang kelas, hingga masjid. Pada setiap ujian, dipandu oleh ketua sidang guna mengatur jalannya ujian TAKTIS dengan baik dan terstruktur dan 2 penguji yang akan menanyakan dan mengritik karya tulis para santri.

Ketua Sidang dan Penguji TAKTIS

Ujian TAKTIS yang dijalankan oleh angkatan ‘Intellegent’ sangat beragam dan menarik, mulai dari bagan kitab Khulasoh Nurul Yaqin, kaidah-kaidah fikih harian seperti tata cara solat, keutamaan sabar, hingga virus dalam al-Quran dan Hadis. Topik mereka tidak hanya mencakup mengenai agama, namun beberapa dari santri angkatan ‘Intelligent’ membahas mengenai pengetahuan umum dan mengaitkannya dengan agama Islam. Tidak hanya itu, santri angkatan ‘Intelligent’ mendapatkan nilai yang baik, tidak satupun dari mereka mendapat predikat jayyid (nilai70-79) mayoritas dari mereka jayyid jiddan (nilai 80-89) dan mumtaz (nilai 90-100).

Aidil Anhar Miftah (santri kelas 6 MDS) sedang mempresentasikan hasil TAKTIS

Dengan adanya ujian TAKTIS ini memberi pengaruh yang baik bagi santri. Kegiatan ini mampu meningkatkan kecerdasan santri dalam literasi, ketertarikan santri dalam bidang penulisan, dan tentu menjalankan pesan Kyai kami, Kyai Ali Mustafa Ya’qub yaitu wa laa tamutunna illaa wa antum kaatibun, yaitu pantang mati sebelum berkarya.   

Tag‎ar ‎‎‎‏‏‎ ‎‏‏‎ ‎‏‏‎ ‎

Tinggalkan Balasan

Assalamu'alaikum para pengunjung yang budiman.

Silahkan pilih salah satu kontak dibawah ini untuk menghubungi kami

Madrasah Darus-Sunnah

6 Tahun Setingkat Tsanawiyah-Aliyah