Persiapan Masuk Perguruan Tinggi; MDS Adakan Sharing Campus Dengan Alumni

Dalam rangka memberikan informasi mendalam dan aktual kepada santri kelas akhir tentang masuk perguruan tinggi, MDS adakan sharing campus dengan alumni. Acara yang mengusung tema “Menyapa Dunia Kampus: Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi” ini diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Januari 2024, bertempat di Aula Kiai Idris Kamali.

Alumni yang hadir berasal dari latar belakang kampus berbeda. Di antaranya dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan Universitas Yarsi Jakarta. Hal ini bermaksud agar para santri mendapat perspektif yang kaya dari para alumni lintas kampus sehingga dapat memilah dan memilih hal yang sesuai dengan minat mereka.

Ustaz Aennul Yaqin, selaku Wakil Kepala (Waka) Kesiswaaan, dalam sambutannya mengucapakan terimakasih kepada alumni yang bersedia hadir, meluangkan waktu dan membagikan ilmunya kepada adik-adik MDS. Beliau berharap acara ini dapat memberi informasi dan gambaran komprehensif tentang persiapan masuk perguruan tinggi kepada santri kelas akhir.

Dalam pemaparannya, para alumni memfokuskan pembahasannya pada langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi sebagaimana yang mereka lakukan dahulu. Berikut beberapa rangkuman kiat yang dihadirkan oleh para alumni MDS:

Pertama, rencanakan jadwal belajar. Para alumni menyarankan untuk membuat jadwal belajar yang terstruktur dan konsisten. Belajar dapat melalui lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel), atau melalui sarana lain. Seperti bertanya dan berdiskusi secara langsung dengan para guru; belajar melalui personal computer (PC) yang disediakan sekolah dengan menonton pembelajaran via Youtube atau aplikasi pembelajaran lain. Hal ini dapat disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing ketika belajar.

Kedua, bergabung dengan kelompok studi. Kolaborasi dalam kelompok studi dapat memperdalam pemahaman materi melalui diskusi dengan teman-teman sekelas. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk tukar pengetahuan.

Ketiga, rapihkan dokumen pendaftaran. Persiapkan dokumen-dokumen pendaftaran dengan rapi dan perhatikan batas waktu pendaftaran. Hal ini nampaknya sepele, namun perlu diperhatikan dengan baik. Karena salah sedikit saja akan berpengaruh pada banyak hal.

Terakhir, dan tidak kalah penting, cari informasi jurusan atau program studi. Pahami program studi yang diminati, dan cari informasi tentang keunggulan universitas yang akan dijalani. Hal ini dapat dilakukan dengan bertanya kepada para guru atau mencari sendiri melalui PC yang tersedia di Laboratorium sekolah.

Suasana penyampaian materi oleh alumni

Melalui Sharing Campus ini, MDS menunjukkan komitmennya dalam memberikan dukungan yang komprehensif bagi para santri kelas akhir dalam meraih impian mereka memasuki dunia kampus. Diharapkan, hal ini menjadi landasan yang kokoh bagi generasi muda untuk meraih kesuksesan dalam pendidikan tinggi dan mengukir prestasi di masa depan.

Tag‎ar ‎‎‎‏‏‎ ‎‏‏‎ ‎‏‏‎ ‎

Tinggalkan Balasan

Assalamu'alaikum para pengunjung yang budiman.

Silahkan pilih salah satu kontak dibawah ini untuk menghubungi kami

Madrasah Darus-Sunnah

6 Tahun Setingkat Tsanawiyah-Aliyah