Madrasah Darussunnah Selenggarakan Riset Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2019-2020

Darussunnah

Ciputat- Kamis, 28 Februari 2019 adalah hari yang istimewa bagi keluarga besar Madrasah Darussunnah. Pasalnya, pada hari tersebut diselenggarakan agenda tahunan berupa riset penerimaan santri baru Madrasah Darussunnh tahun ajaran 2019-2020.

Seleksi Penerimaan Santri Baru (SPSB) Madrasah tahun ini dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama pada 28 Februari 2019, gelombang kedua pada 30 Maret 2019 dan gelombang ketiga pada 30 April 2019.

Pada gelombang pertama kemarin, panitia berhasil menjaring 22 calon santri baru madrasah. Kendati demikian,dari 22 hanya 19 orang yang mengikuti dikarenakan ada beberapa peserta tes yang berhalangan untuk hadir karena satu dan lain hal. Dan akan mengikuti riset di gelombang kedua mendatang.

Dalam teknis penerimaan santri baru, Madrasah Darussunnah menggunakan Multiple Intelligences Research (MIR) sebagai alat riset penerimaan santri baru. Multiple Intelligences Reseacrh merupakan perangkat yang berfungsi mencuatkan potensi anak yang bersifat majemuk, dalam teori ini setidaknya kita dikenali bahwa pada hakikatnya semua anak aalah bintang, memiliki sisi kecerdasan yang tumbuh dalam pribadi anak-anak.

Metode riset yang ditawarkan oleh MIR adalah interview (wawancara) kepada peserta tes untuk menggali sisi lecerdasan calon santri. Pada riset kali ini, panitia melibatkan 5 interviewer yang mendampingi anak-anak.

Dalam sambutannya, kepala sekolah Madrasah Darussunnah, Ust. Dr. Ahmad Ubaydi Hasbillah, menjelaskan bahwa tes kali ini tidak perlu tegang-tegang amat. Riset kali ini tidak untuk menentukan apakah sang anak pandai atau tidak pandai, melainkan hendak meneliti (research) letak kecerdasan sang anak, sehingga dengan demikian, baik guru ataupun orangtua bisa memahami pintu kecerdasan sang anak. Dari sisi mana sebaiknya sang anak diasupi pengetahuan.”

Riset penerimaan santri baru madrasah Darussunnah dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga adzan Zuhur berkumandang. Semua berjalan lancar dan khidmat serta dibarengi antusiasme dari semua pihak. Informasi kelulusan akan diumumkan dua minggu pasca riset penerimaan santri baru Madrasah. Semoga semua pelaksanaan riset penerimaan santri ini senantiasa berkah dan seiring ridho Allah Swt. (Jafar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *