DALAM RANGKA HAUL KH. ALI MUSTAFA YAQUB KE-5, DARUS-SUNNAH GELAR MUSABAQAH NASIONAL SECARA VIRTUAL

DarusSunnah.sch.id – Dalam rangka memperingati haul KH. Ali Mustafa Yaqub (1952-2016) ke-5, Ma’had Darus-Sunnah Ciputat menggelar Musabaqah Nasional. Ada 3 cabang yang diperlombakan; qiraatul kutub, resensi, dan video kreatif. Ajang ini terbuka umum untuk jenjang pelajar/santri dan mahasiswa/mahasantri. Waktu pendaftaran mulai 9 Maret 2021 dan perlombaannya diadakan secara online pada 21 Maret 2021. Pengumuman pemenang akan diadakan berbarengan dengan Webinar Nasional pada 22 Maret 2021. Pendaftaran dan konfirmasi dilakukan secara online dan tidak dikenakan biaya registrasi.

Muhammad Aniq Imaduddin, selaku ketua panitia Musabaqah Nasional menyatakan bahwa kegiatan ini dikemas secara simple, kekinian, dan bebasis virtual. Cara ini dimaksudkan untuk mempermudah peserta, mengingat pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Meskipun demikian, acaranya dibuat semenarik dan sekompetitif mungkin. Mengundang pelajar/santri, mahasiswa/mahasantri di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah untuk menjalin silaturahmi ilmiah antar generasi muda.

Karena Darus-Sunnah yang didirikan oleh Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA. Fokus dalam kajian hadis, musabaqah ini dibingkai dengan tema “Meneladani Laku Hidup untuk Khidmah Kepada Baginda Nabi”. Dalam cabang MQK, kitab yang diperlombakan adalah “Muqaddimah Ibni Shalah” karya Imam Ibnu Shalah (577-643 H) dan “Manhaj Dzawi al-Nadhar” karya Syaikh Mahfudz al-Tarmasi (1868-1920). Kedua kitab ini adalah rujukan dalam kajian ilmu hadis (mushtalah). Demikian juga dalam cabang resensi dan video kreatif. Keduanya tetap dalam bidang hadis. Tentunya dengan kemasan yang selaras dengan generasi milenial.

Hal senada juga disampaikan oleh Ust. Muhammad Hanifuddin, selaku ketua pelaksana haul, bahwa secara rutin, acara haul Kiai Ali Mustafa Yaqub diadakan dengan rangkaian acara pra haul sebulan penuh. Mulai dari seminar, pelatihan, bahtsul masail, musabaqah, khataman al-Qur’an, hingga acara puncak. Karena tahun ini masih di masa pandemi, maka haul offline diperuntukan terbatas untuk kalangan internal keluarga besar Darus-Sunnah. Sedangkan masyarakat umum, alumni, wali santri, dan wali mahasantri dapat mengikuti secara online, termasuk di dalamnya adalah musabaqah dan seminar nasional.

Dengan semangat menghidupkan sunnah Nabi, semoga kita dapat menebar rahmat Islam bagi semesta alam.

#Haul KH Ali Mustafa Yaqub ke-5

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *