Lompat ke konten

Pesantren Darus-Sunnah

Dampak Negatif Merokok

darussunnah.sch.id – Pada zaman ini, sangat jelas dan terlihat banyak sekali remaja di bawah umur yang sudah merokok. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kegiatan dan kesehatan mereka. Mengingat banyaknya dampak buruk akibat merokok, sudah seharusnya kita mengetahui akibatnya dan apa saja yang akan membahayakan bagi seorang perokok di bawah umur.

Sebelum membahas dampak buruk merokok, Apakah kalian tau apa rokok itu? Rokok adalah sebuah hasil olahan tembakau yang prosesnya bisa dengan digiling atau dililit. Di dalam rokok terdapat banyak sekali kandungan  zat-zat berbahaya. Salah satunya, yaitu: Acetone (Penghapus Cat), Naphthylamine (Zat Karsinogenik),  Metanol (Bahan Bakar Kroket) dan lain sebagainya. Sangat membahayakan bukan?

Dampak Rokok bagi Organ Tubuh

Adapun dampak buruk merokok bagi kesehatan organ tubuh bagian dalam yang paling pertama adalah paru-paru. Karena, organ tubuh ini sangat sensitif sehingga dapat menyebabkan risiko kanker, serangan asma dan infeksi tenggorokan. Kalau dilakukan secara rutin, tidakkah kita merasa kasihan akan paru-paru kita? Nanti ketika kita mengalami gejala seperti itu, tentu akan terasa sangat sakit dan susah bernafas! dan pasti akan mengganggu aktivitas kita. Dan proses kerusakan paru-paru terjadi melalui asap rokok yang terhirup dari hidung ataupun mulut. Kemudian masuk ke dalam paru-paru sehingga terjadi peradangan, bronkitis dan pneumonia.

Dampak buruk kegiatan ini bagi remaja yaitu seperti akan terganggunya prestasi belajar mereka di sekolah. Begitu pula konsentrasinya dan mentalnya. Juga, mereka akan terlihat lebih tua dari teman-teman sekolahnya walaupun mereka seumuran. Dan kita harus mencegah hal itu agar tidak mengganggu kegiatan kita.

Solusi dan Pencegahan

Lalu, apa solusi untuk mencegahnya? Berikut adalah beberapa solusi untuk mencegah hal tersebut:

1. Niat

2. Buatlah daftar alasan untuk berhenti merokok

3. Berkomitmen kuat pada diri sendiri

4. Selalu katakan tidak pada rokok

5. Berolahraga secara rutin

6. Mengonsumsi makanan sehat

Juga, kita harus sadar terlebih dahulu bahwa rokok itu akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kegiatan kita. Perbanyaklah cari pengalaman dari seorang yang dulunya perokok dan kini tidak lakukan itu lagi, jadi kita akan mengetahui sejahat apa dan seseram apa penggunaan rokok bagi kita sebagai generasi muda yang cerdas. Oleh karena itu kita harus mencegah diri kita untuk merokok dan saling mengingatkan yang lainnya. Sehat merupakan hal yang mahal, sehat juga sebuah rezeki dari Tuhan yang sering sekali kita lupakan.

Penulis: Oktaviany SW, Mahasiswi Semester 1 Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Tarjamah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.