Buah Kurma Menjadi Makanan Terbaik saat Bulan Ramadan

darussunnah.sch.id – Banyak macam-macam dan beraneka ragam buah-buahan pada bulan-bulan biasa. Kita sering kali melihat buah kurma yang dijual di supermaket, akan tetapi belum sampai ramai, dan ketika tiba saatnya bulan Ramadan atau bulan puasa itu buah kurma sangat laris oleh pengunjung. Karena berbuka puasa dengan memakan buah kurma sendiri itu menjadi salah satu bagian dari sunah Rasulullah Saw. Pada saat bulan Ramadan, buah kurma termasuk buah yang banyak tumbuh di kalangan atau di daerah padang pasir seperti pada negara-negara di daerah Timur Tengah pada umumnya. Buah kurma pun memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Pada saat kita menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus, di situ perut kita sangat kosong sehingga metabolisme pada tubuh becerna sangat lambat. Rasulullah Saw menganjurkan kepada kita, beliau bersabda, ”Jika salah seorang dari kalian puasa, maka hendaklah ketika dia berbuka dengan mengosumsi kurma. Dan jika tidak ada kurma, maka dengan air. Karena air itu membersihkan.” (Sahih al-Jami’ al-Shagir)

Selama bulan suci Ramadan, bisnis penjualan buah kurma di kalangan pedagang pada umumnya pasti sangat meningkat sekali dan memiliki keuntungan yang besar dan stok atau persediaan pun pasti akan naik berkali lipat.

Kata kurma sendiri disebutkan berkali-kali dalam hadis, bahkan itu juga disebutkan sebanyak 21 kali dalam Al-Quran. Sebagian besar berpendapat bahwa buah kurma adalah jenis macam buah yang mana sering kali disebutkan dalam Al-Quran. Jadi tentu saja buah ini adalah buah yang istimewa dalam pandangan Al-Quran. Dalam kandungan buah kurma juga terdapat mengandung nutrisi yang melimpah, seperti glukosa, serat, fruktosa, hingga vitamin A.

Kurma ‘Ajwa

Di Indonesia, kurma ‘Ajwa merupakan salah satu jenis kurma premium yang cukup populer. Kurma yang lebih dikenal sebagai kurma Nabi ini merupakan jenis kurma yang pertama kali Rasulullah tanam. Bentuk dari kurma tersebut agak keras dan padat tetapi memiliki rasa yang yang lezat, harum, dan empuk ketika dimakan. Dalam Sahih al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw pernah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Sa’d bin Abi Waqash yang berbunyi:

Barang siapa yang mengosumsi tujuh butir kurma ‘Ajwa pada pagi hari ini, maka pada hari itu dia terkena racun atau sihir

Kurma ‘Ajwa sendiri berasal dari surga, sebagaimana sabda Rasulullah Saw yang berbunyi:

Kurma ‘Ajwa itu berasal dari surga, dia adalah obat dari racun.” (HR. Ibnu Majah dengan sanad yang sahih).

Rasulullah Saw pernah bersabda:

عن سَعْدِ بْنِ أَبِى وَقَّاصٍ يـَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى االله عليه وسلم: مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيـَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْر

“Siapa pun yang pagi-pagi makan tujuh buah kurma ‘Ajwa, maka pagi hari itu dia tidak mudah keracunan dan terserang penyakit.” (HR. Muslim)

Manfaat Kurma

Manfaat dari buah kurma itu juga dapat mencerdaskan otak karena buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami seperti anthooyanin, asam ferulic. Buah kurma juga dapat mengandung kalium, magnesium dan vitamin B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut tim ahli jantung yang berada di Uni Emirat Arab mengemukakan, orang yang berpuasa dengan mengosumsi kurma saat berbuka atau selama bulan suci Ramadan mengalami pengurangan kolestrol dalam darah. Begitu para ahli menyimpulkan jdi terbukti bahwa dengan mengonsumsi kurma dapat mengurangi kolestrol dan baik bagi kesehatan jantung.Buah kurma memang ideal untuk konsumsi sebagai menu berbuka puasa, kandungan nutrisi pada kurma itu menjadikanya pilihan tepat untuk membatalkan puasa. Kurma menjadi golongan buah yang memiliki komponen air, meski hanya sedikit sehingga kurma menjadi pilihan yang paling pertama yang baik untuk berbuka puasa.

Rasulullah memiliki kebiasaan memakan kurma masak, kurma masak ini memiliki nilai gizi yang tinggi, bisa memperkuat lever, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Kurma masak bersifat panas dan basah.

Kurma Bermanfaat untuk Membunuh Kuman

Kurma tersebut bisa membantu membunuh atau mengurangi jumlah cacing dalam tubuh jika dikosumsi saat perut dalam keadaan kosong. Maka, dari itu kurma masak sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan bagi tubuh. Menurut pendapat ahli biologi modern, kurma baik basah maupun kering mengandung banyak zat gula hingga mencapai 70%. Kurma juga mengandung banyak zat penting yang perlukan tubuh, seperti potassium, fosfor dan magnesium. Selain itu para ilmuan yang lain telah terungkap manfaat kurma basah dalam merenggangkan rongga-rongga rahim saat melahrikan. Kurma juga mengandung hormon yang dapat menghentikan keluarnya darah yang terusmenerus saat melahirkan. Sejumlah riset modern menegaskan bahwa mengonsumsi kurma selama hamil sampai jelang persalinan sangat bermanfaat.

Mengonsumsi buah kurma juga terdapat efek sampingnya pada masalah pencernaan salah satunya efek samping akibat mengonsumsi buah kurma terlalu banyak sehingga mengakibatkan serat yang tinggi pada masalah pencernaan seperti, perut kembung, keram pada perut, sembelit, sering buang gas dan dari berbagai gangguan tersebut menyebabkan gerakan usus lebih cepat, bahkan serat juga membantu memproduksi gas di dalam tubuh.

Penulis: Muhammad Fahmi Akbar, Mahasiswa semester 1, Jurusan Tarjamah, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pendaftaran Santri Baru Darussunnah
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *